LAPORAN

Pengertian laporan, macam-macam, sistematika, teknik menyusun, dan praktek menyusun laporan

Pengertian laporan
Laporan adalah bentuk penyajian dari suatu fakta mengenai suatu hal yang berkenan terhadap keadaan atau suatu kegiatan.




Kegunaan laporan
  1. Sebagai pertanggung jawaban kepada atasan atas apa yang telah kita lakukan.
  2. Sebagai dokumen yang dapat dijadikan bahan studi dan perbandingan orang lain.
  3. Sebagai sumber pengalaman bagi orang lain, jika melakukan hal yang serupa.
  4. Merupakan bahan untuk mendokumentasikan.
Macam-macam laporan
Berikut macam-macam laporan:
  1. Laporan kegiatan
  2. Laporan kunjungan
  3. Laporan perjalanan/wisata
  4. Laporan penelitian
  5. Laporan hasil diskusi
  6. Laporan keuangan
Sistematika laporan
  • Kata pengantar
  • Daftar isi
  • Daftar tabel
  • Daftar lampiran
  • BAB I. Pendahuluan
  • BAB II. Pembahasan
  • BAB III. Kesimpulan
Teknik menyusun laporan
  1. Melakukan pengamatan
  2. Mencatat/mengumpulkan data
  3. Membuat kerangka laporan
  4. Mengembangkan kerangka laporan
  5. Menyunting laporan

Komentar