LAPORAN
LAPORAN
- Pengertian Laporan
Laporan adalah suatu bentuk penyampaian
berita, keterangan, pemberitahuan ataupun pertanggung jawaban baik secara lisan
maupun secara tertulis dari bawahan kepada atasan sesuai dengan hubungan
wewenang dan tanggung jawab yang ada di antara mereka.
- Kegunaan Laporan
1. Sebagai pertanggung jawaban kepada atasan atas apa yang telah kita
lakukan.
2. Sebagai dokumen yang dapat dijadikan bahan studi dan perbandingan orang lain.
3. Sebagai sumber pengalaman bagi orang lain, jika akan melakukan hal yang serupa.
4. Dan Melatih kecermatan dan selalu bertujuan.
2. Sebagai dokumen yang dapat dijadikan bahan studi dan perbandingan orang lain.
3. Sebagai sumber pengalaman bagi orang lain, jika akan melakukan hal yang serupa.
4. Dan Melatih kecermatan dan selalu bertujuan.
- Macam-macam Laporan
a). Laporan
berbentuk Formulir.
b). Laporan
berbentuk Surat.
c). Laporan
berbentuk Memorandum (Memo).
d). Laporan
berbentuk Naskah.
e).
Laporan
berbentuk Buku.
- Sistematika Laporan
laporan lengkap yang lengkap, harus dapat menjawab semua pertanyaan
mengenai : apa ( what ), mengapa ( why ), siapa ( Who ), dimana ( where ),
kapan ( when ), bagaimana ( how ). Urutan isi laporan sebaiknya diatur,
sehingga penerima laporan dapat mudah memahami. Urutan isi laporan antara lain
sebagai berikut :
1. Pendahuluan
Pada pendahuluan disebutkan tentang :
1) Latar belakang kegiatan.
2) Dasar hukum kegiatan.
3) Apa maksud dan tujuan kegiatan.
4) Dan Ruang lingkup isi laporan.
Pada pendahuluan disebutkan tentang :
1) Latar belakang kegiatan.
2) Dasar hukum kegiatan.
3) Apa maksud dan tujuan kegiatan.
4) Dan Ruang lingkup isi laporan.
2. Isi Laporan
Pada bagian ini dimuat segala sesuatu yang ingin dilaporkan antara lain :
1) Jenis kegiatan.
2) Tempat dan waktu kegiatan.
3) Petugas kegiatan.
4) Dan Persiapan dan rencana kegiatan.
3. Penutup
Pada kegiatan ini ditulis ucapan terima kasih kepada yang telah membantu penyelenggaraan kegiatan itu, dan permintaan maaf bila ada kekurangan-kekurangan. Juga dengan maksud apa laporan itu dibuat.
Pada bagian ini dimuat segala sesuatu yang ingin dilaporkan antara lain :
1) Jenis kegiatan.
2) Tempat dan waktu kegiatan.
3) Petugas kegiatan.
4) Dan Persiapan dan rencana kegiatan.
3. Penutup
Pada kegiatan ini ditulis ucapan terima kasih kepada yang telah membantu penyelenggaraan kegiatan itu, dan permintaan maaf bila ada kekurangan-kekurangan. Juga dengan maksud apa laporan itu dibuat.
- Teknik menyusun Laporan
a) Isi laporan singkat dan padat.
b) Isi laporan runtut atau sistematis.
c) Isi laporan mudah untuk dipahami.
d) Isi laporan lengkap.
e) Isi laporan menarik penyajiannya.
f) Isi laporan berpegangan pada fakta,
data, persoalannya.
g) Dan penyajiannya tepat waktu.
- Praktek menyusun Laporan
praktek menyusun laporan dapat dilakukan
dengan mengikuti format penyusunan laporan. format dari laporan sendiri sangat
beragam, namun kali ini akan diberikan format umum laporan kegiatan.
berikut ini adalah
formatnya (diluar cover) antara lain:
1. Pendahuluan
pendahuluan merupakan halaman pertama yang berisikan tentang halaman dan
tujuan kegiatan diadakan. pada bagian ini, minimal ada 3 sub bagian dari bab
pendahuluan yaitu:
a. latar belakang.
b. nama kegiatan.
c. maksud dan tujuan.
2. RENCANA PELAKSANAAN
KEGIATAN
Pada
kegiatan ini berisi bagian bagian yang menjelaskan apa saja yang akan
direncanakan dalam mengadakan kegiatan tersebut. diantara rencana tersebut
ialah waktu, target peserta, jenis kegiatan, fasilitas dan lain lain. bab ini dibagi
3 sub sub yaitu: rencana mekanisme kegiatan, rencana anggaran biaya dan susunan
kepanitiaan.
3. PELAKSANAAN KEGIATAN
Pada
kegiatan ini hampir sama dengan kegiatan rencana pelaksanaan kegiatan, namun
perbedaannya adalah jika kegiatan rencana pelaksanaan kegiatan adalah perencanaan, sedangkan pada kegiatan
ini lebih kearah rencana yang telah terlaksana.
4. EVALUASI DAN HASIL
PELAKSANAAN
dalam
kegiatan ini berisi hasil perencanaan kegiatan apa saja yang membuat kegiatan
sukses apa saja penghambat kegiatan, serta bagaimana secara umum kesimpulan
dari hasil pelaksanaan dan apa saja yang harus dievaluasi kedepannya. di
kegiatan ini terdapat dua sub sub yaitu sub sub evaluasi pelaksanaan kegiatan
yang berisikan tentang faktor apa saja yang menghambat dan mendukung
pelaksanaan kegiatan. lalu sub sub hasil pelaksanaan kegiatan berisikan
evaluasi dan kesimpulan yang didapat dalam kegiatan.
5. PENUTUP
pada
kegiatan terakhir ini memberikan kata- kata penutup dari laporan, biasanya
berisikan kalimat ucapan terima kasih dan mohon maaf kepada segenap pendukung
kegiatan atas kekurangan pelaksanaan.
6. LAMPIRAN
setelah kegiatan
penutup, jangan lupa untuk melampirkan segala dokumen-dokumen penting bagi
penerima laporan pertanggung jawabkan (LPJ). lampiran biasanya berupa foto
kegiatan, bukti pembayaran/struk pembayaran dan lain-lain.
Komentar
Posting Komentar