LAPORAN


LAPORAN
  •       Pengertian Laporan

              Laporan adalah suatu bentuk penyampaian berita, keterangan, pemberitahuan ataupun       pertanggung jawaban baik secara lisan maupun secara tertulis dari bawahan kepada atasan sesuai    dengan hubungan wewenang dan tanggung jawab yang ada di antara mereka.

  •      Kegunaan Laporan

            1. Sebagai pertanggung jawaban kepada atasan atas apa yang telah kita lakukan.
            2. Sebagai dokumen yang dapat dijadikan bahan studi dan perbandingan orang lain.
            3. Sebagai sumber pengalaman bagi orang lain, jika akan melakukan hal yang serupa.
            4. Dan Melatih kecermatan dan selalu bertujuan.

  •      Macam-macam Laporan

a).  Laporan berbentuk Formulir.
b).  Laporan berbentuk Surat.
c).  Laporan berbentuk Memorandum (Memo).
d).  Laporan berbentuk Naskah.
e).  Laporan berbentuk Buku.
  •          Sistematika Laporan
    laporan lengkap yang lengkap, harus dapat menjawab semua pertanyaan mengenai : apa ( what ), mengapa ( why ), siapa ( Who ), dimana ( where ), kapan ( when ), bagaimana ( how ). Urutan isi laporan sebaiknya diatur, sehingga penerima laporan dapat mudah memahami. Urutan isi laporan antara lain sebagai berikut :
1. Pendahuluan
Pada pendahuluan disebutkan tentang :
1) Latar belakang kegiatan.
2) Dasar hukum kegiatan.
3) Apa maksud dan tujuan kegiatan.
4) Dan  Ruang lingkup isi laporan.
2. Isi Laporan
Pada bagian ini dimuat segala sesuatu yang ingin dilaporkan antara lain :
1) Jenis kegiatan.
2) Tempat dan waktu kegiatan.
3) Petugas kegiatan.
4) Dan Persiapan dan rencana kegiatan.
3. Penutup
Pada kegiatan ini ditulis ucapan terima kasih kepada yang telah membantu penyelenggaraan kegiatan itu, dan permintaan maaf bila ada kekurangan-kekurangan. Juga dengan maksud apa laporan itu dibuat.

  •      Teknik menyusun Laporan
a)      Isi laporan singkat dan padat.
b)      Isi laporan runtut atau sistematis.
c)      Isi laporan mudah untuk dipahami.
d)      Isi laporan lengkap.
e)      Isi laporan menarik penyajiannya.
f)       Isi laporan berpegangan pada fakta, data, persoalannya.
g)      Dan penyajiannya tepat waktu.
  •       Praktek menyusun Laporan
      praktek menyusun laporan dapat dilakukan dengan mengikuti format penyusunan laporan. format dari laporan sendiri sangat beragam, namun kali ini akan diberikan format umum laporan kegiatan.
berikut ini adalah formatnya (diluar cover) antara lain:
              1. Pendahuluan 
     pendahuluan merupakan halaman pertama yang berisikan tentang halaman dan tujuan kegiatan diadakan. pada bagian ini, minimal ada 3 sub bagian dari bab pendahuluan yaitu: 
a. latar belakang.
b. nama kegiatan.
c. maksud dan tujuan.
2. RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN 
     Pada kegiatan ini berisi bagian bagian yang menjelaskan apa saja yang akan direncanakan dalam mengadakan kegiatan tersebut. diantara rencana tersebut ialah waktu, target peserta, jenis kegiatan, fasilitas dan lain lain. bab ini dibagi 3 sub sub yaitu: rencana mekanisme kegiatan, rencana anggaran biaya dan susunan kepanitiaan. 
3. PELAKSANAAN KEGIATAN
     Pada kegiatan ini hampir sama dengan kegiatan rencana pelaksanaan kegiatan, namun perbedaannya adalah jika kegiatan rencana pelaksanaan kegiatan  adalah perencanaan, sedangkan pada kegiatan ini lebih kearah rencana yang telah terlaksana.
4. EVALUASI DAN HASIL PELAKSANAAN
     dalam kegiatan ini berisi hasil perencanaan kegiatan apa saja yang membuat kegiatan sukses apa saja penghambat kegiatan, serta bagaimana secara umum kesimpulan dari hasil pelaksanaan dan apa saja yang harus dievaluasi kedepannya. di kegiatan ini terdapat dua sub sub yaitu sub sub evaluasi pelaksanaan kegiatan yang berisikan tentang faktor apa saja yang menghambat dan mendukung pelaksanaan kegiatan. lalu sub sub hasil pelaksanaan kegiatan berisikan evaluasi dan kesimpulan yang didapat dalam kegiatan.
5. PENUTUP
    pada kegiatan terakhir ini memberikan kata- kata penutup dari laporan, biasanya berisikan kalimat ucapan terima kasih dan mohon maaf kepada segenap pendukung kegiatan atas kekurangan pelaksanaan.
6. LAMPIRAN
    setelah kegiatan penutup, jangan lupa untuk melampirkan segala dokumen-dokumen penting bagi penerima laporan pertanggung jawabkan (LPJ). lampiran biasanya berupa foto kegiatan, bukti pembayaran/struk pembayaran dan lain-lain.

Komentar